islampos
Media islam generasi baru

Abaikan Waktu Subuh, Ini Bahayanya

Foto: IlmFeed
0

ALLAH SWT telah bersumpah pada surat Al Fajr, “Demi fajar (waktu Subuh).” Kemudian pada surat Al Falaq Allah mengingatkan, “Katakanlah! aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai waktu subuh.”

Ada apa sebenarnya di balik waktu subuh? Mengapa Allah sampai bersumpah demi waktu subuh? Dan mengapa pula kita harus berlindung kepada yang menguasai waktu subuh? Apakah waktu subuh sangat berbahaya?

Ya, ternyata waktu subuh memang benar-benar sangat berbahaya. Waktu subuh itu lebih kejam dari sekawanan perampok yang merampas harta benda kita. Sebab jika kita ‘tergilas waktu subuh,’ sehingga melalaikan shalat fajar, maka kita akan menderita kerugian yang jauh lebih besar dari sekadar kehilangan harta. Kita bahkan akan kehilangan dunia dan segala isinya. Ingat, “Dua rakaat fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya,” (HR. Muslim).

Selain itu, waktu subuh bisa lebih menyengsarakan dari derita kemiskinan. Sebab bagi orang-orang yang ‘tergilas waktu subuh,’ sehingga mengabaikan shalat subuh berjamaah di masjid, maka pada hakikatnya, merekalah orang-orang miskin sejati yang hanya mendapatkan upah 1/150 (0,7%) saja dari pahala shalatnya.

“… dan barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, maka ia bagaikan shalat semalam suntuk,” (HR. Muslim).

Shalat semalam suntuk adalah shalat yang dikerjakan mulai dari tenggelamnya matahari sampai terbit fajar. Kurang lebih setara dengan shalat selama sepuluh jam, atau sekitar 150 kali shalat. Begitu besar fadilah shalat subuh berjamaah di masjid, khususnya bagi laki-laki. Dan betapa malangnya orang yang ‘tergilas waktu subuh’, sehingga mengabaikan shalat subuh berjamaah di masjid. Wallahualam. []

 

loading...
loading...