islampos
Media islam generasi baru

Tampung Korban Kebakaran Grenfell Tower, Masjid di London Sediakan Tempat untuk Pengungsi

Foto: BBC
0

LONDON– Sejumlah organisasi termasuk masjid-masjid di seputar lokasi membuka diri untuk menampung korban kebakaran Grenfell Tower, Rabu (14/6/2017). Salah satunya Masjid Al Manaar, yang terletak hanya satu mil dari tempat kejadian.

“Masjid kami menyediakan akomodasi bagi mereka yang ingin bermalam. Tempat kami cukup untuk menampung 50 hingga 60 orang. Kami sediakan segala keperluan mereka,” kata Abdurrahman Sayyid, pengurus masjid kepada BBC Indonesia.

“Semua yang butuh bantuan boleh datang, Muslim, non-Muslim, yang tak punya agama silakan datang ke masjid. Bahkan kalau pun mereka tak butuh akomodasi, kami akan sediakan makanan, minuman, air bersih dan berbagai keperluan lain,” tambahnya.

Sayyid mengatakan pihaknya kewalahan menerima sumbangan bagi warga yang terdampak kebakaran. Salah satu organisasi yang terlibat dalam pemberian bantuan untuk ratusan orang yang kehilangan tempat tinggal termasuk Ramadan Tent, proyek buka bersama yang dibentuk oleh mahasiswa Muslim dan non-Muslim SOAS, University of London.

“Kami mengumpulkan perlengkapan kamar mandi, makanan serta selimut,” kata pendiri Ramadan Tent, Omar Salha.

Grenfell Tower, dibangun pada 1974, dan terdiri dari 1.000 unit tempat tinggal. Wali kota London Sadiq Khan mengatakan banyak hal yang harus dipertanyakan menyangkut keamanan rumah-rumah susun.[]

loading...
loading...