30 Tips Menghindari Kesedihan (1)

0

SULIT dan memang bukan sesuatu yang mudah untuk menghidari rasa sedih yang menimpa diri kita. Baik rasa sedih itu akibat fisik (tubuh) terluka atau tergores seseuatu sehingga berdarah, memar, dan sebagainya, maka mata ini akan meresponnya berupa air mata.

Tetapi, kesedihan yang paling berbahaya ialah kesedehian yang berlangsung didalam hati (psikis) yang akan mengakibatkan gangguan jiwa. Sehingga tidak jarang orang yang mengalami kesedihan jiwa yang berlarut-larut akan melampiaskannya dengan obat-obatan terlarang (narkotika), seks bebas, dan yang lebih mengerikan lagi ialah ia akan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Nauzubilah minzalik.

Nah, Anda tidak pelu bersedih lagi. Berikut ini ada 30 tips menghindari rasa sedih dan insya Allah mengubahnya dengan sesuatu yang membuat Anda selalu merasa bahagia dan bersyukur.

1. Fokuskan diri Anda pada kehidupan hari ini. Bila Anda tidak melakukan hal ini, tentu pikiran Anda kan melayang ke mana-mana. Selanjutnya, semua urusan menjadi kacau serta kecemasan dan kedukaan Anda akan menjadi lebih banyak. Inilah makna dari kalimat: “Bila engaku berada pada pagi hari, janglah menunggu datangnya sore. Bila engaku berada pada sore hari, janganlah menunggu datangnya pagi.”

2. Lupakanlah masa lalu dan semua yang menyertainya. Konsentrasikan diri Anda pada masa kini, karena memikirkan masa lalu dan sesuatu yang telah usai merupakan kebodohan dan menyebabkan kegilaan.

3. Jangan telalu menyibukan diri dengan masa depan yang belum jelas, karena masa depan masih ada di alam gaib, belum lagi muncul di hadapan kita. Berhenti dan tinggalkan memikirkannya hingga dia sendiri yang akan datang kepada kita.

4. Jangan merasa terguncang dengan celaan (kritikan). Kuatkan diri Anda menghadapinya. Ketahuilah bahwa kritik tersebut merupakan suatu bukti akan nilai diri Anda yang cukup membanggakan sehingga membuat orang lain iri.

5. Tingkatkan keimanan Anda kepada Allah SWT dan kerjakanlah amal shalih, maka hidup Anda akan lebih baik dan penuh kebahagiaan.

6. Siapa saja yang menginginkan ketenangan, ketentraman, dan kenyamanan, maka berdzikirlah kepada Allah SWT.

7. Setiap hamba harus mengetahui bahwa setiap sesuatu yang terjadi itu tidak lepas dari mekanisme qadha’ dan qadar.

8. Jangan pernah menunggu ucapan terima kasih dari seseorang.

9. persiapkan diri Anda mengahadapi kemungkinan terburuk.

10. Berdoalah, semoga segala sesuatu yang Anda peroleh menjadi kebaikan bagi Anda.[]

BERSAMBUNG

Referensi: Jangan Bersedih Setelah Kesulitan Ada Kemudahan/Dr. ‘Aidh bin Abudullah Al-Qarni/Irsyad Baitus Salam/2003

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline