ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

3 Hal Ini Bantu Kamu Kenali Calon Pasangan Hidupmu Tanpa Harus Pacaran

0

SEMUA pasti sudah tahu jika pacaran itu bukan solusi dalam proses mencari pasangan hidup.

“Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk,” (QS. Al-Isra:32).

Sudah tidak asing lagi dengan ayat di atas? Itu sebabnya, pacaran merupakan sesuatu yang dilarang di dalam Islam.

Sayangnya, tidak sedikit juga anak muda zaman sekarang yang malu jika tidak punya pacar dan baper.

Padahal, bisa jadi kejombloan kita itu merupakan jalan yang Allah tentukan untuk melindungi kita dari bahaya zina.

Terus gimana kita mengenali calon pasangan kita itu baik, kalau tidak dengan pacaran? tidak mau kanseperti beli kucing dalam karung?

Islam itu agama yang sempurna. Segala macam permasalahan ada solusinya.

3 hal di bawah ini bisa ngebantu kita buat mengenali calon pendamping hidup.

1.Mengenali fisiknya

Urusan fisik juga penting. Sebab dengan fisik yang disukai, dapat membawa ketentraman bagi kedua pasangan. Itu sebabnya, ketika ta’aruf biasanya kedua orang yang sedang berproses harus bertemu terlebih dahulu, supaya hatinya bisa sreg. Pernah ada kisahnya nih di zaman Rasulullah. Ketika ada seorang sahabat mengabarkan pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa ia akan melamar seorang wanita Anshar. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sudahkah engkau melihatnya?” Sahabat tersebut berkata, “Belum.” Beliau lalu bersabda, “Pergilah kepadanya dan lihatlah ia, sebab pada mata orang-orang Anshar terdapat sesuatu,” (HR. Muslim).

Yang penting jangan terlalu pilah-pilih ya. Kalau nyari yang sempurna tak kan ada ujungnya.

2. Kenali keluarganya

“Nikahilah wanita yang penyayang dan subur. Karena aku berbangga dengan banyaknya ummatku,” (HR. An Nasa’I, Abu Dawud).

Menurut jumhur ulama, jika ingin mengenali fisik dan sifat seseorang maka lihatlah keluarganya. Secara umum fisik seseorang diambil dari keturunan keluarga sang ayah. Sementara karakter dan sifat seseorang merupakan keturunan dari keluarga sang Ibu.

3. Kenali Lingkungan hidup

Lingkungan itu juga dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. Itu sebabnya, mengetahui lingkungan tempat tinggal, pekerjaan, dan juga eman-teman calon pasangan kita juga merupakan hal yang penting.

Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Agama Seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya,” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi). Wallahu a’lam bishowab. []

 

Sumber: Annida

 

loading...
loading...