islampos
Media islam generasi baru

Trump Dianggap Sebagai ‘Kunci’ Perdamaian Palestina-Israel

Foto: AFP
0

AS—Isu perdamaian Palestina-Israel selalu ramai dibicarakan tiap kali AS memiliki presiden baru. Biasanya publik bertanya-tanya apakah presiden baru tersebut bisa membantu menyelesaikan konflik antara kedua pihak yang sudah berlangsung selama beberapa dekade atau tidak.

Menurut laporan BBC pada Senin (22/5/2017) hal yang sama berlaku ketika Donald Trump resmi menjadi presiden menggantikan Barack Obama pada Januari 2017.

Trump menyinggung soal Israel-Palestina saat berkampanye di pilpres dan berharap perundingan Israel-Palestina bisa kembali dilakukan -setelah yang terakhir kali terhenti tahun 2014 -dan pada akhirnya lahir perjanjian damai antara kedua pihak.

Ia bahkan pernah mengatakan mengakhiri konflik Israel-Palestina bisa jadi lebih mudah dari yang diperkirakan.

Trump tidak menentang perluasan permukiman Yahudi dan tidak terlalu mendukung pendirian negara Palestina, padahal selama ini sikap default presiden AS adalah mengusung solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Intinya sikap Trump sesuai dengan pemerintah kanan di Israel yang dipimpin PM Netanyahu. Masalahnya, belakangan Trump sepertinya berubah sikap.

“Beberapa waktu lalu ada pertemuan antara menteri keuangan Israel dan mitranya dari Palestina, yang mengarah pada bantuan pembiayaan bagi Palestina. Jadi ada pintu-pintu yang dipakai untuk menjalin hubungan,” kata Syahrul Hidayat, peneliti di Institut Kajian Arab dan Islam, Universitas Exeter. []

loading...
loading...