ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Turki Bangun ‘Kota’ Khusus Anak Yatim Suriah

Foto: BBC
0

TURKI—Pemerintah Turki dilaporkan telah membuka kompleks besar untuk menampung dan mendidik anak-anak yatim piatu korban perang Suriah, BBC melaporkan pada Jumat (19/5/2017).

Kompleks besar ini dibangun dalam waktu kurang dari dua tahun sebagai proyek kerja sama pemerintah Turki dan dua lembaga bantuan kemanusiaan internasional.

Kompleks yang disebut ‘Kota Yatim’ ini terletak di kota Reyhanli, Turki tenggara. Menurut laporan, kompleks nyaman layaknya rumah sendiri ini akan mampu menampung 990 anak yatim,

Ratusan anak ini akan ditempatkan di 55 vila dengan empat sekolah, satu masjid, tempat olahraga dan taman bermain.

Badan Bantuan Anak-anak PBB, UNICEF memprediksi sebanyak enam juta anak terkena dampak perang enam tahun Suriah. Lebih dari 2,3 juta orang menyelamatkan diri dan terdaftar sebagai pengungsi.

Turki saat ini menampung lebih dari 800.000 anak Suriah dalam usia sekolah, sekitar 60% di antaranya terdaftar di sekolah untuk tahun akademi baru ini.

Kompleks ini dibangun dengan bantuan Yayasan IHH Humanitarian Relief Foundation dan Sheikh Thani bin Abdullah Foundation for Humanitarian Services (RAF) dari Qatar. []

loading...
loading...