islampos
Media islam generasi baru

The Real WannaCry

Foto: Amoinews.com
0

Oleh: Eko Jun

Beberapa hari ini, lagi rame pembahasan seputar virus WannaCry. Heboh ditingkat elit, tapi tidak ada relevansinya di kalangan bawah.

Tapi kalau menurut saya, virus WannaCry dalam dunia nyata sebenarnya bukan menyerang sistem operasi komputer, tapi menyerang ke :

Pertama, Dompet

Saat ini, kondisi ekonomi lagi sulit. Pasar sepi, proyek terhambat, angsuran ngadat, barang – barang mahal, kebutuhan banyak, daya beli turun, subsidi dicabut, debt collectornya kasar dan lainnya. Jadi setiap kali melihat dompet, hati rasanya nyesek dan mata pun langsung kena virus WannaCry.

Kedua, Medsos

Saat ini, medsos menjadi momok. Berita hoax tersebar massif, ujaran kebencian jadi hobi dan dianggap lumrah, propaganda yang jauh dari fakta terus -menerus membombardir dan lainnya. Jarang sekali kita melihat medsos lalu tersenyum. Bagi yang agresif, mereka marah. Bagi yang lembut, langsung kena WannaCry.

 

Ketiga, Berita

Saat berita berkonten negatif (badnews) jadi primadona awak media, ada gerakan untuk untuk mengkonternya dengan menyebarluaskan goodnews. Saat ini, virus WannaCry sudah menjalar kebanyak sendi kehidupan riel masyarakat. Apa bentuk solusi yang bisa kita berikan? []

loading...
loading...