islampos
Media islam generasi baru

Remaja Putri, Siapa Teladan Kamu?

Foto: Bukalapak
0

Oleh: Asyfiya Al Hizbi
Siswi SMP Homeschooling Group Generasi Pemimpin Cemerlang
Bandung
3lisupriatin@gmail.com

Setiap orang mempunyai tokoh idola. Tokoh idola adalah orang yang dianggap istimewa karena kelebihan atau prestasi yang dimilikinya sehingga menimbulkan perasaan pada diri seseorang untuk meniru cara dan gaya tokoh idola dalam mencapai prestasinya.

Bagi remaja, idola adalah sesuatu yang penting. karena di masa ini orang sedang mencari jati diri, sehingga mereka butuh role model untuk menentukan jati diri mereka. Ngomongin idola, zaman sekarang gak sesikit bro yang jadiin orang-orang yang Unfaedah sebagai idola. Kayak akhir-akhir ini, banyak lho di Indonesia orang-orang yang gak malunya mosting fotonya dengan pakaian yang terbuka biar ngikutin si selebgram yang lagi hitz.

Gak hanya cara berpakaian, cara berbicara sampai cara berpacaran para selebgram pun ditiru. Padahal apa bagusnya sih mereka? Masa orang yang suka pamer aurat ama pamer hubungan yang gak halal dijadiin idola? Dijadiin panutan? Seharusnya idola tuh membawa contoh yang baik, yang bisa menjadi inspirator dan motivator yang baik buat para penggemarnya. Ini kok malah sebaliknya? Emang ya akhir zaman.

Tapi tenang, masih ada orang-orang yang pantes buat dijadiin idola alias role model alias teladan. Salah satunya, Aisyah r.a. Perempuan satu ini hebat banget. Walaupun hidupnya beda jaman sama kita, tapi namanya tetep harum sampai sekarang. Walaupun dia perempuan, tapi tetep bisa dijadiin sebagai panutan bagi para cowok.

Nih ya, aku ceritain tentang Aisyah!

Aisyah lahir pada bulan Syawal tahun ke-9 atau bulan Juli 614 M. Aisyah adalah seorang wanita berparas cantik berkulit putih, sebab itulah ia sering dipanggil dengan “Humaira”. Selain cantik, Aisyah juga dikenal sebagai wanita cerdas. Ketika Aisyah berumur 18 tahun, Aisyah telah menguasai berbagai masalah agama sedemikian luas. Bahkan dikatakan bahwa segala sabda dan perbuatan Rasulullah saw dapat diingatnya tanpa batas.

Hal lain yang sangat mengagumkan, dikalangan para perawi hadits Aisyah r.a menempati posisi ke 4 dalam jumlah hadits yang diriwayatkan, yaitu sebanyak 2210 hadits! Jumlah tersebut mengalahkan jumlah hadits yang diriwayatkan sahabat lain yang usianya jauh lebih tua! Keren bruuh 2210 hadits! Hadits yang gw hapal aja masih bisa dihitung pake jari.

Karena pengetahuannya ini, banyak orang yang datang kepadanya untuk meminta fatwa. Bahkan para khalifah pun diberikan fatwa olehnya. Ada yang mengatakan “Apabila ada sebuah permasalahan yang tidak diketahui di zaman sahabat, maka kami bertanya pada Aisyah dan kami memperoleh ilmu dari beliau”.

Tuh kan, walaupun Aisyah perempuan, tapi kapasitas ilmunya nggak kalah dari sahabat rasul yang pria. Ini sosol yang cocok buat dijadiin role model. Udah mah cantik, pinter lagi. Jadi untuk kamu yang lagi nyari nyari teladan hidup, yuk kita jadikan Aisyah r.a sebagai panutan.

Agar kita bisa sukses di dunia maupun di akhirat.

Wallahu’alam bish shawab. []

loading...
loading...