islampos
Media islam generasi baru

Berdoa Hagia Sophia Dijadikan Masjid, Muslim Turki Shalat Shubuh Berjemaah

Foto: Hurriyet
0

TURKI—Sekelompok Muslim Turki dikabarkan telah menuntut pemerintah agar bangunan bersejarah Hagia Sophia di Istanbul diubah kembali menjadi masjid. Mereka berkumpul di depan museum pada Sabtu (13/5/2017) dini hari, sebelum mereka menggelar aksi shalat shubuh berjemaah.

Menurut laporan Hurriyet, aksi ini digelar oleh Asosiasi Pemuda Anatolia (AGD). Mereka berkumpul di depan Hagia Sophia sekitar pukul 04.00 pagi dengan semboyan “Hancurkan rantai, buka Hagia Sophia.” Para peserta memanjatkan doa setelah shalat shunuh dengan seruan untuk mengubah museum Hagia Sophia menjadi sebuah masjid.

Hagia Sophia dibangun dari tahun 537 sampai tahun 1453 masehi, ketika Kekhalifahan Utsmani menaklukkan kota tersebut. Saat itu Hagia Sophia sebagai katedral Ortodoks Timur dan tempat kedudukan Patriarkat Konstantinopel.

Kemudiann Hagia Sophia diubah menjadi masjid oleh kekhalifahan Utsmani sebelum Turki menjadi sekuler dan diubah menjadi museum pada tahun 1935.

AGD membuat seruan tersebut untuk memeringati ulang tahun penaklukan Hagia Sophia. Para peserta aksi meninggalkan depan Hagia Sophia setelah mereka shalat dan berorasi. []

loading...
loading...