ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Muslim Irlandia Berharap Punya Terjemah Al-Quran ke Bahasa Gaelic

Foto: iqna
0

IRLANDIA—Umat Muslim Kota Galway, Irlandia, dikabarkan terus berupaya untuk merilis terjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa Gaelic yang merupakan bahasa lokal Irlandia, Iqna melaporkan pada Senin (22/1/2017).

Imam Ibrahim Noonan, ketua persatuan Muslim Kota Galway mengatakan kepada Tuairisc.ie bahwa pihaknya terus berupaya menerjemahkan Al-Quran ke bahasa lokal namun masih belum rampung. Tak hanya menerjemahkan Al-Quran, hadits pun menjadi bagian dari proyek. Noonan mengaku meski proyek ini terus dilakukan, namun belum jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan.

“Kami tak memiliki pakar dalam bahasa Arab dan ahli bahasa Gaelic. Karena itu, saat ini terjemahan tetap melalui bahasa Inggris terlebih dahulu. Proyek ini telah dibahas sejak enam bulan lalu pada pertemuan komite eksekutif. Keputusannya, kami harus mendapatkan bantuan ulama dan menyewa penerjemah ke bahasa Gaelic yang profesional,” ungkap Noonan.

“Masalahnya kami sulit menemukan seseorang yang mahir dalam dua bahasa. Kami memiliki beberapa anak dan remaja Muslim yang lahir dan besar di Galway, fasih berbahasa Gaelic namun mereka lemah berbasa Arab. Kemampuan bahasa Arab mereka tidak cukup baik untuk melakukan penerjemahan,” demikian Noonan. []

 

loading...
loading...