ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

21 Bus Jemaah Indonesia Segera Menuju Arafah

Foto: bus haji
0

ARAB SAUDI—Sebanyak 21 bus jemaah Haji Indonesia dilaporkan segera diberangkatkan menuju Arafah pada 30 Agustus mendatang, Halallifestyle melaporkan pada Sabtu (27/8/2017).

“Transportasi untuk Makkah-Arafah disiapkan 21 bus per Maktab, kalau ada 70 maktab berarti total 1.470 bus,” kata Kasi Transportasi Daker Makkah Asep Subhana di Makkah, Sabtu (26/8/2017), seperti dikutip dari laman Kemenag.

Menurutnya, bus-bus tersebut disiapkan oleh naqabah (organda Saudi) dan akan bergerak dengan sistem taraddudi yakni berputar sebanyak tiga kali. Dengan sistem itu maka satu bus cukup diisi 40 – 45 orang karena satu maktab berjumlah sekitar 3.000 orang.

Asep melanjutkan, pergerakan jemaah dari Makkah ke Arafah tahun ini tidak lagi menggunakan sistem undian (qurah), tapi sistem per lantai.

Pergerakan jemaah dari Arafah ke Muzdalifah pun menggunakan pola yang sama. “Kloter yang terakhir datang di Muzdalifah otomatis menempati tempat paling depan. Maka kloter tersebut akan diberangkatkan pertama kali ke Mina. Begitu seterusnya sampai kloter terakhir,” ujarnya lagi.

Selanjutnya, para jemaah haji akan menjalani proses menginap (mabit) dan lontar jumrah di Mina. Usai menjalani prosesi ini sampai selesai, jemaah lalu akan dibawa ke hotel di Makkah secara bertahap dengan menggunakan bus tersebut. []

loading...
loading...