ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

2 Kebahagiaan ini, Diperuntukan bagi Orang Berpuasa di Bulan Ramadhan

Foto hanya ilustrasi. Sumber: Abu Umar/Islampos
0

ORANG yang berpuasa biasanya merasakan lapar dan haus serta menahan diri dari segala aktifitas yang dapat membatalkan ibadah puasa. Oleh karena itu, kita harus sabar dalam menjalankannya. Rasulullah SAW mengatakan bahwa sejatinya orang yang berpuasa di bulan Ramadhan akan mendapatkan dua kebahagiaan sekaligus.

Seperti dalam hadits Rasulullah SAW berikut ini:

“Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.”

Kebahagiaan pertama adalah ketika seseorang berbuka puasa. Ketika berbuka, jiwa begitu ingin mendapat hiburan dari hal-hal yang dia rasakan tidak menyenangkan ketika berpuasa, yaitu jiwa sangat bahagia saat berjumpa makanan, minuman dan dihalalkannya kembali menggauli istri. Jika seseorang dilarang dari berbagai macam syahwat ketika berpuasa, dia akan merasa senang jika hal tersebut dihalalkan kembali.

Kebahagiaan kedua adalah ketika seorang hamba berjumpa dengan Rabbnya yaitu dia akan jumpai pahala amalan puasa yang dia lakukan tersimpan di sisi Allah. Itulah ganjaran besar yang sangat dia butuhkan. Allah Ta’ala berfirman:

“Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan) nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya.” (QS. Al Muzammil: 20)

Semoga kita termasuk kedalam orang yang mendapatkan dua kebahagiaan tersebut. Aamiin []

Sumber: E-Book Panduan Ramadhan Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah, Penulis Muhammad Abduh Tuasikal, ST, MSc

loading...
loading...