ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jangan Mempersulit Diri

Foto: listverse
0 302

DALAM hidup ini kita tidak akan pernah terlepas dari sebuah persoalan hidup. Dan salahsatu hal yang menyebabkan persoalan hidup itu hadir dalam hidup kita adalah karena kita terlalu mendramatisir kenyataan. Karena, jika mau jujur, permasalahan yang terjadi di dalam hidup kita adalah hasil dari dramatisasi yang dilakukan oleh diri kita sendiri.

Kita lebih banyak merasakan penderitaan atas kenyataan yang terjadi, sebagai akibat dari karangan kita sendiri, kekhawatiran kita sendiri, kepanikan kita sendiri. Ternyata semua itulah yang membuat kita menjadi merasa tertekan dan terbebani.

Padahal, segala kenyataan yang terjadi itu, jika kita sikapi dengan kepala dingin, pikiran jernih dan hati yang lapang, kita tidak akan merasa kerepotan menghadapai segala kenyataan yang terjadi pada hidup kita.

Sebagai contoh, seseorang yang merasakan sakit pada pinggangnya. Kemudian, dia memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Sebelum jadi berangkat, ia berbincang dengan rekannya dan menceritakan apa yang sedang dirasakannya itu.

Ia sampaikan segala kekhawatiran atas sakit pinggangnya tersebut. Ia ceritakan bahwa pia sangat gelisah jika ia terkena panyakit gagal ginjal. Maka, jika itu terjadi ia akan menjalani cuci darah, dan seterusnya. Ia telah dihantui oleh perasaan gelisah dan khawatir.

BACA JUGA:
Setiap Kesulitan Mengandung Hikmah
Solusi untuk Anda yang Sulit Shalat Khusyuk

Semakin orang ini menceritakan ketakutan dan kekhawatirannya, maka semakin terbebanilah ia., semakin stress lah ia. Beban yang disebabkan datang karena ketakutan-ketakutan yang ia hadirkan sendiri dari perkiraan dan dugaan yang ia hadirkan sendiri. Padahal, ia belum sama sekali menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter.

Maka, kendalikanlah diri sebisa mungkin agar terhindar dari sikap mendramatisir masalah yang sedang terjadi. Janganlah larut dalam jebakan-jebakan sikap yang mempersulit diri sendiri. Karena sikap-sikap itulah yang akan semakin memperbesar kesulitan dan penderitaan dalam diri. []

Sumber: 5 Kiat Menghadapi Persoalan Hidup/Abdullah Gymnastiar/Emqies

Comments
Loading...