islampos
Media islam generasi baru

Istri Anda Marah, Wahai Para Suami Lakukanlah Ini

Foto: Halal Love Stories
0

DALAM bahtera rumah tangga, cekcok antara pasutri bukanlah barang baru. Ketika komunikasi antara dua manusia tak menemui kata sepakat, marah acapkali muncul sebagai sebuah ungkapan ketidakpuasan.

Marah berasal dari api. Jika api ketemu api, maka terbakarlah pasutri tersebut. Pun begitu, sudah menjadi rahasia umum jika para suami memiliki tabiat yang cenderung kurang sabar dalam meladeni kemarahan istri.

Lalu sebaiknya apa yang musti dilakukan para suami ketika menyikapi istri yang marah? Agar tak berlarut-larut dalam kemarahan, wahai para suami, lakukan hal ini:

Pertama, Perjelas masalah

Istri Anda bukan cenayang, yang mampu membaca pikiran Anda. Maka buatlah ia mengerti kondisi yang sedang Anda alami, sehingga ia mampu memahami perasaan seorang suami. Jelaskan masalah dengan kata-kata yang tepat.

Kedua, Kurangi bicara

Api dilawan api, ya terbakarlah. Ketika istri marah, sekalipun ada kesalahan yang ia ucapkan. Sebaiknya kurangi intensitas Anda berbicara. Tahan keinginan Anda untuk berbicara, hingga amarahnya reda.

Ketiga, Fokus pada masalah

Terkadang satu masalah bisa merembet pada munculnya masalah yang lain, itu biasanya terjadi lantaran tidak focus pada masalah yang dihadapi.

Jika ingin menyelesaikan pertengkaran dengan istri Anda, sebaiknya fokus pada masalah yang terjadi. Jangan pernah mengungkit masa lalu atau mengancam istri jika dia tidak mendengarkan Anda.

Keempat, Cari solusi hindari kritik

Hindari untuk saling menyalahkan. Berhenti untuk menyindir dan berkomentar tidak tulus. Kembali pada tujuan awal jika kalian ingin menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Cari solusi hindari kritik.

Kelima, Dengarkan pendapat istri

Perhatikan apa pendapat istri menganai Anda. Kontrol diri Anda, karena seorang istri biasanya telah mengenal dan mengetahui mengetahui kelemahan suaminya. Jadi saat ia mengeluarkan unek-uneknya, lebih baik dengarkan dan nikmati saja daripada perang tidak juga berakhir.

Keenam, Jangan menyela pembicaraan

Saat istri berbicara panjang lebar, jangan pernah memotong ucapannya. Beri kesempatan padanya untuk melampiaskan frustasinya. Pada saat seperti ini, hindari pula untuk memberi saran kepadanya.

Ketujuh, Sabar

Banyak orang membuktikan jika sabar dan diam saat menghadi istri yang marah, akan membuat mereka cepat tersadar dan berbalik minta maaf. Jadi bersabarlah, dan tunggu sampai istri meminta maaf dan memeluk Anda kembali. []

Sumber: Boldsky.

loading...
loading...