islampos
Media islam generasi baru

Setelah 3 Tahun Tutup, Museum Seni Islam Mesir Kembali Dibuka

0

MESIR—Museum Seni Islam Mesir dilaporkan telah kembali dibuka untuk umum pada Jumat (20/1/2017). Museum ini kembali dibuka setelah tiga tahun rusak parah akibat bom yang meledak di sebuah pos polisi dekat museum, Telegraph melaporkan.

Museum ini merupakan rumah bagi berbagai koleksi seni Islam paling penting di dunia dan telah ditutup sejak Januari 2014, ketika ledakan bom memporak-porandakan ruang dalam gedung.

Ledakan ini telah merusak 179 artefak, namun para ahli dari museum mampu memperbaiki semuanya kecuali sepuluh artefak yang benar-benar rusak. Artefak yang berhasil dipulihkan akan kembali dipajang dengan label emas khusus.

Beberapa lampu kaca abad pertengahan dari masjid Kairo hancur dalam ledakan itu dan museum mengatakan telah mendapatkan potongan-potongannya.

Pemerintah Mesir secara resmi menyambut pembukaan kembali museum sebagai tanda stabilitas. Meskipun Mesir masih dilanda aksi kekerasan dan serangan dari kelompok perusuh.

“Peresmian Museum Seni Islam menjadi wujud kemenangan Mesir melawan kejahatan. Kemampuan dan kemauan untuk memperbaiki apa telah dirusak telah berhasil mengembalikan warisan kami yang berharga,” ungkap Khaled El-Enany, Menteri Barang Antik Mesir.

Abdel Fattah el-Sisi, presiden Mesir, secara resmi membuka museum pada Rabu (18/1/2017) dalam sebuah upacara yang tertutup untuk umum dan media. []

loading...
loading...