ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Bunda, Botol Susu Sebab Karies Gigi Anak Lho! Inilah Tips Pencegahannya

foto: the singapore women's weekly
0

APAKAH bunda sudah mengetahui penyebab terjadinya karies gigi pada anak-anak? Jika belum, maka bunda harus mengetahui hal ini agar gigi anak-anak kita tetap sehat dan kuat.

Dilansir siakap keli, diketahui bahwa salah satu penyebab dari akries gigi pada anak-anak kerana botol susu. Botol susu yang biasanya sering anak-anak kita minum ketika masa balita berlanjut. Tapi, tahukah bunda botol susu tersebut ternyata salah satu penyebab terjadinya karies gigi bagi anak-anak.

Kebanyak orang menganggap penyebab karies gigi pada anak-anak karena terlalu banyak makan permen atau makanan manis, tetapi rupanya hal itu juga karena sebab botol susu lho bun.

Seorang dokter gigi bernama Dr Iqbal Rosali telah upload artikel yang membahas masalah ini, ia meminta para orangtua untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar karies gigi pada anak tidak dibiarkan begitu saja.

Berdasarkan penelitian dokter Iqbal , karies gigi terjadi ketika bayi atau anak-anak dibiarkan tidur dengan memegang botol susu pada mulut mereka. Memang tujuan bunda baik, agar sang anak segera tertidur sambil menghisap susu atau air manisan dari botol susu.

Namun, tahukan bunda cairan yang tidak dibersihkan dari dalam mulut bayi ini akan menyelaputi gigi dan menyebabkan kerusakan pada gigi. Gigi yang sering kali menjadi korban adalah gigi susu depan atas.

Rata-rata orang tua mengabaikan hal ini dan membiarkan saja gigi susu ini rusak, dengan alasan dapat diganti dengan gigi tetap.

Namun, tidakkah bunda kasihan pada anak-anak yang menangis karena sakit gigi dan bengkak pada gusinya? Tidakkah bunda kasihan melihat anak-anak tidak ada giginya untuk makan dan berbicara dengan baik? Dan tidakkah bunda kasihan pada anak yang menangis di tengah malam karena sakit gigi?

Jadi, tunggu apalagi bunda. Jangan biarkan semua itu terlambat. Sebelum karies gigi terjadi pada anak kita, maka lakukan langkah-langkah pencegahan dari dokter Iqbal berikut ini:

1. Jangan biarkan bayi tertidur dengan botol berisi susu atau air manisan.

2. Bersihkan mulut bayi setelah minum susu dengan menggunakan kain lembab yang dibalut pada jari manis Anda dan digosok pada gigi dan gusi bayi untuk membuang sisa susu.

3. Kurangi penggunaan botol susu secara bertahap. Galakkan minum menggunakan cangkir atau sendok sedini usianya 6 bulan.

4. Bilas mulut bayi Anda dengan mendorong meminum air putih setelah menghabiskan susu.

5. Hindari memasukkan gula ke dalam susu bayi Anda.

6. Orang tua dianjurkan menyikat gigi anak-anak berusia di bawah 6 tahun.

7. Bawa anak untuk pemeriksaan gigi di klinik gigi setiap 6 bulan.

Bagaimana bunda? Sekarang bunda sudah tahu kan penyebab dari karies gigi pada anak bunda? Karena bunda sudah pintar dan cerdas, yuk ikuti langkah-langkah pencegahan seperti dijelaskan dokter di atas. Jangan tunggu nanti-nanti, segera praktekan dan lakukan bunda. Selamat mencoba. []

Sumber: siakap keli

loading...
loading...