5 Nasihat Umar

Foto: daveshowalter.com
0

UMAR bin Khattab adalah khalifah yang terkenal dengan ketangguhan dan cintanya yang teramat besar pada Islam. Perjalanan hidupnya adalah suatu teladan yang dapat memberikan banyak pembelajaran di masa saat ini.

Khalifah kedua umat Islam ini awalnya penantang paling depan Nabi Muhammad ﷺ, namun karena hidayah-Nya ia memutuskan untuk memeluk Islam setelah mendengar lantunan ayat Al-Quran surat Thoha ayat 1 sampai delapan dari suara adiknya. Saat mendengar lantunan ayat Quran yang merdu itulah, hati pendekar kuat itu luluh dan tergetar hatinya untuk bergabung dalam barisan Islam.

Wafatnya Umar bin Khattab menjadi duka mendalam bagi Islam kala itu. Khalifah tangguh yang selalu ada dalam barisan terdepan mendampingi Rasulullah ﷺ ini wafat ditangan Abu Lukluk atau Fairuz. Dendam priadi budak asal Persia ini membunuh Umar bin Khattab lantaran sakit hatinya saat Islam menaklukan negaranya, Persia.

Dan semasa hidupnya Umar bin Khattab telah meninggalkan wasiat, wasiat Umar bin Khattab yang ia tinggalkan dapat menjadi salah satu pegangan umat Islam dalam melengkapi Quran dan Sunnahnya. Inilah wasiat Umar bin Khattab yang menginspirasi.

1. Bila engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu. Karena celamu leih banyak darinya.

2. Bila engkau hendak memusuhi seseorang, maka musuhilah perutmu dahulu. Karena tidak ada musuh yang lebih berbahaya selain perut.

3. Bila engkau hendak memuji seseoranng, pujilah Allah. Karena tidak ada seorang manusiapun lebih banyak dalam memberi kepadamu dan lebih santun lembut kepadamu selain Allah.

4. Jika engkau ingin meninggalkan seseuatu, maka tinggalkanlah kesenangan dunia. Sebab apabila engkau meninggalkannya, berarti engkau terpuji.

5. Bila engkau bersiap-siap untuk sesuatu, maka bersiaplah mati. Karena jika engkau tidak bersiap untuk mati, engkau akan menderita, rugi, dan penuh penyesalan.

6. Bila engkau ingin menuntut sesuatu, maka tuntutlah akhirat. Karena engkau tidak akan memperolehnya kecuali dengan mencarinya. []

SatuMedia

loading...
loading...