15 Nama Indah Bayi Perempuan dari Alquran (1)

0

SALAH satu kewajiban orang tua ketika menyambut kelahiran seorang anak adalah memberikannya nama yang baik. Nama ini akan sangat bermakna bagi kehidupan sang anak di masa depan, karena dengan nama itulah sang bayi akan dikenali. Nama itu juga akan melekat padanya seumur hidup.

Nama yang diberikan orang tua, konon berisikan harapan dan doa. Pemberian nama ini tentu tak boleh sembarangan, karena akan mempengaruhi hidup sang anak kelak. Oleh karena itu, sebagai muslim, ada baiknya mengambil rujukan untuk nama sang bayi dari Alquran atau hadis.

BACA JUGA: Pentingnya Adzan di Telinga Kanan Bayi Saat Lahir

Berikut ini ada beberapa nama bayi perempuan yang diambil dalam petikan ayat Alquran.

1. Kamila

Nam Kamila yang memiliki makna lengkap atau tanpa kekurangan berasal dari surat dalam Al-Baqarah ayat 196. Kata ‘Kamila’ berasal dari bahasa Arab ‘Kamilah’ yang berarti sempurna. Nah, Jika menginginkan putri tercinta tumbuh dengan sempurna, maka penamaan Kamila sangat cocok disematkan untuk si kecil.

2. Mubsira

Mubsira bermakna kecerdasan. Sapaan yang keren dan indah ini muncul dalam surat AN-Naml ayat 13 dengan arti memahami. Dengan kata lain, memberikan sapaan ini untuk buah hati sama dengan mendoakannya agar kelak mudah memahami atau cerdas.

Supaya lebih lengkap, bisa menambahkannya dengan sapaan Hana sehingga menjadi Hana Mubsira. Rangkaian nama tersebut memiliki makna gadis cantik seperti bunga yang cerdas.

3. Khalisa

Nama bayi perempuan islami unik berasal dari Alquran lain yang bisa digunakan adalah Khalisa. Sama halnya dengan arti nama Muhammad, Khalisa secara etimologi juga berasal dari bahasa Arab الخالصة yang berarti suci, murni, dan mulia. Sapaan ini juga muncul dalam Alquran surat Al-Araf ayat 32 yang bertuliskan tentang Tuhan mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, serta melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar.

Memberikan sapaan ini untuk buah hati Anda, sama dengan mendoakannya kelak tumbuh menjadi wanita yang dijauhkan dari segala perbuatan dosa. Untuk menambahkan maknannya bisa juga ditambahkan dengan sapaan Azzahra yang berarti cantik seperti bunga.

4. Maisara

Jika ingin si kecil kelak tumbuh menjadi anak yang selalu diberi kemudahan dan diberi kekuatan dalam menjalani kehidupan, maka penamaan Maisara bisa digunakan sebagai inspirasi. Sapaan ini muncul dalam surat Al-Baqarah ayat 280 yang berarti diberikan kemudahan, kekuatan, serta kesabaran dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Sedikit berbeda dengan etimologinya, sapaan ini berasal dari bahasa Arab ميسرة yang bermakna ketenangan. Baik dalam Alquran maupun etimologinya, sapaan ini masih bermakna positif sehingga cocok disematkan untuk sang buah hati.

5. Laila

Terkadang orang-orang di Indonesia memberikan nama untuk buah hatinya sesuai waktu kelahirannya. Seperti arti nama Fajar yang berarti anak yang lahir di pagi hari. Nh, jika lahir di malam hari, nama Laila cocok untuk jadi pilihannya. Sapaan yang secara etimologinya berasal dari Arab ليلى ini memiliki makna kegelapan yang indah. Sama halnya dalam Alquran, sapaan ini juga muncul dalam surat Ad-Dukhan ayat 3 dengan arti malam hari.

Agar lebih indah indah dan bermakna bisa ditambahkan dengan sapaan Zahira yang berarti berwajah cantik seperti bunga dan Rania yang berati sukses. Rangkaian nama bayi perempuan ini menjadi bermakna putri cantik yang lahir di malam hari dan kelak menjadi orang sukses.

6. Ilmi

Menggunakan sapaan Ilmi untuk putri tercinta sama halnya mendoakanya kelak menjadi anak yang pandai dan berilmu. Secara etimologi, sapaan ini berasal dari bahasa Arab ايلمي yang berarti ilmu. Sapaan ini juga muncul dalam surat Albaqarah ayat 47 yang bermakna pengetahuan.

7. Muhita

Muhita muncul dalam surat Al-Ankabut ayat 54 yang berarti sadar atau bertaubat. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa, jika berbuat dosa segeralah bertaubat agar tidak terkena azab.

BACA JUGA: Tiga Bayi Kembar Palestina Dinamai Al Quds, Filistin, dan Asima, Ini Alasannya

Sama halnya dalam Alquran, secara etimologinya sapaan yang berasal dari Arab مُحِيطَةٌ ini juga memiliki makna sadar atau taubat. Dengan menyematkan nama ini untuk si kecil, tersirat doa kelak ia selalu menyadari kesalahan yang telah ia perbuat. []

SUMBER:  POSBUNDA

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline