ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Penelitian: Zaitun adalah Obat Diet Paling Efektif

Foto: gulalives
0

ZAITUN terkenal akan manfaatnya yang banyak bagi kesehatan. Dan ternyata, zaitun pun bisa dikonsumsi sebagai obat diet paling efektif. Lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak zaitun, yang ditambah dengan daun hijau dan sayuran lain ciptakan sejenis asam lemak yang bisa rendahkan tekanan darah.

Menurut sebuah penelitian, asam lemak nitro itu terbentuk jika orang memakan misalnya bayam, seledri dan wortel. Ini adalah bahan pangan yang mengandung nitrat dan nitrit dalam jumlah besar. Demikian halnya dengan alpukat, kacang-kacangan dan minyak zaitun yang mengandung lemak yang sehat.

Asam lemak mengandung nitro kini ditemukan mengandung enzim, yang dikenal sebagai “soluble epoxide hydrolase” (sEH) yang bisa mengatur tekanan darah. Demikian dikatakan peneliti dalam jurnal Akademi Pangan Nasional di Inggris. Studi atas minyak zaitun ini dilakukan terhadap tikus laboratorium, dan dibiayai British Heart Foundation.

“Penemuan dari studi kami bisa menjelaskan mengapa penelitian terdahulu menunjukkan, diet Mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun atau kacang-kacangan bisa mengurangi gangguan pada jantung, misalnya stroke, serangan jantung dan gangguan pada fungsi jantung,” kata Philip Eaton, profesor bidang biokomia jantung pada King’s College, di London.

Banyak ahli yang sependapat, bahwa diet Mediterania, yang mencakup banyak sayuran, ikan, padi-padian, anggur merah dan kacang-kacangan serta minyak bermanfaat sangat baik pada kesehatan. Namun sebelumnya tidak ada kepastian, bagaimana dan mengapa diet itu baik. []

loading...
loading...