islampos
Media islam generasi baru

Mau dapat Pahala dari Cara Berpakaian? Begini Adabnya

Foto: capitalbedrooms
0

ISLAM adalah ajaran yang komprehensif. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi ternyata ada adab-adabnya. Salah satu adab yang diatur dalam Islam adalah cara berpakaian.

Selain untuk penampilan, berpakaian dengan baju yang yang sesuai Syar’i juga bisa bisa bernilai ibadah, tentunya dengan mengikuti sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW. Adab berpakaian adalah sebagai berikut :

1.Pakaian harus menutupi aurat.

2.Dalam ajaran Islam, hukumnya sunat memakai pakaian dengan diawali bagian kanan. Dalil pokok dalam masalah ini, dari Aisyah Ummul Mukminin beliau mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam suka mendahulukan yang kanan ketika bersuci, bersisir dan memakai sandal,” (HR. Bukhari dan Muslim).

3.Pakaian harus bersih, rapi dan sopan.

4.Para lelaki Muslim, haram hukumnya menggunakan sutra dan emas. Karenanya, dilarang bagi Muslim menggunakan barang-barang di atas. Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya dua benda ini (emas dan sutera) haram atas lelaki ummatku,” (HR. Abu Daud).

5.Untuk laki-laki, agar memakai pakaian yang panjang sampai menutupi aurat

6.Sedangkan wanita, harus menggunakan pakaian yang menutupi anggota tubuhnya keculai wajah dan kedua telapak tangan

7.Islam tidak memperkenankan lelaki memakai pakaian wanita dan sebaliknya.

8.Tidak diperkenankan memakai pakaian yang mewah dan utamakan pakaian berwarna putih.

Nah, dengan menerapkan adab-adab tersebut Insya Allah pakaian yang dikenakan tak hanya bisa memperindah penampilan tetapi juga berpahala. []

loading...
loading...