10 Hal tentang Ka’bah Ini Mungkin Belum Anda Ketahui (2-Habis)

Foto: Google Image
0 150

 

Sebelumnya: 10 Hal tentang Ka’bah Ini Mungkin Belum Anda Ketahui (1)

6. Hajar al-Aswad rusak

Hajar al-Aswad pernah rusak, itu disebabkan karena banyak kejadian naas terjadi termasuk banjir, diserang musuh dan pencurian! Frame perak pertama Hajar al-Aswad dibuat oleh Abdullah bin Zubair.

7. Al-Sheibi, keluarga yang selalu menjadi penjaga Ka’bah

Sejak periode pra-Islam, keluarga Al-Sheibi secara turun temurun selalu menjadi penjaga Ka’bah. Mereka telah menjadi penjaga selama 15 abad terakhir. Kunci Ka’bah diwariskan oleh anggota tertua dari keluarga tersebut.

8. Ka’bah dibersihkan dua kali dalam setahun

Setiap Sya’ban dan Dzulqa’dah, keluarga Al-Sheibi membersihkan Ka’bah. Mereka membersihkan Ka’bah menggunakan campuran pembersih khusus yang dibuat dari air ZamZam, air mawar Taif dan minyak Oud. Dalam upacara pembersihan Ka’bah, Gubernur Mekkah biasanya mengundang beberapa pejabat untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

9. Pintu Ka’bah terbuka untuk semua orang

Awalnya, Ka’bah terbuka untuk semua orang untuk masuk dan berdoa di dalamnya. Karena jumlah jamaah yang ingin ke dalam Ka’bah meningkat, Ka’bah tidak bisa lagi diakses untuk semua orang. Sekarang, Ka’bah kadang-kadang dibuka untuk tamu istimewa.

10. Thawaf di sekitar Ka’bah tak pernah berhenti

Salah satu hal yang paling luar biasa tentang Ka’bah adalah bahwa tawaf di sekitar Ka’bah tidak pernah berhenti, kecuali ketika shalat ditunaikan. Bahkan ketika terjadi bencana banjir, orang-orang melakukan Tawaf sambil berenang. []

HABIS

loading...
loading...