Dunia

Rusia Siap Balas Sanksi AS atas Ukraina

Rabu 3 Jamadilawal 1435 / 5 Maret 2014 05:50

sanksi


RUSIA mengatakan akan membalas setiap sanksi yang mungkin dilakukan oleh Amerika Serikat terkait keterlibatan Moskow di Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Selasa kemarin (4/3/2014), Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa Moskow harus merespon jika terjadi situasi seperti yang dipicu oleh langkah dan tindakan tidak bertanggung jawab Washington.

“Kami sudah sering menjelaskan kepada Amerika mengapa sanksi sepihak tidak sesuai standar hubungan antara negara-negara beradab,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Alexander Lukashevich.

Lukashevich juga menambahkan bahwa respon Rusia atas langkah Amerika tidak akan selalu simetris.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada hari Senin sebelumya mengecam ancaman Barat terkait tentang “sanksi dan boikot” terhadap negara itu.

Pada sesi pembukaan Dewan HAM PBB di Jenewa, Lavrov mengatakan orang-orang yang berbicara tentang sanksi adalah orang-orang yang pada akhirnya mempolarisasi masyarakat Ukraina.

Sebelumnya, AS dan Uni Eropa telah memperingatkan Moskow atas konsekuensi dari aksi militer mereka di Ukraina.[fq/islampos/prtv]

Redaktur: Al Furqon