Adab Islam

Remaja-Remaja Penghafal Quran

Jumat 9 Syaaban 1433 / 29 Juni 2012 22:49

baca quran bersama 300x224 Remaja Remaja Penghafal Quran“Perempuan yang mukmin yang membaca Al-Quran adalah seperti bunga yang baunya harum dan rasanya lezat. Sedangkan orang mukmin yang tidak suka membaca Al-Quran seperti buah kurma, baunya tidak begitu harum, tapi manis rasanya. Orang munafiq yang membaca Al-Quran ibarat sekuntum bunga, berbau harum tetapi pahit rasanya,” [riwayat Bukhari dan Muslim].

remajaislampos.com—DUDES, kenapa Wayne Rooney bIsa terkenal? Kanapa Justin Beiber  juga bias sohor ke seantero dunia? Kenapa dulu  Alam Si Mbah Dukun juga bunyi di negeri kita dengan mixed mendiang Micael Jacson? Kenapa Taufik Hidayat bisa jadi tajir en juga dikenal luas gara-gara maen bulu tangkis? Serentetan siapa dan kenapa tadi jelas bakalan lebih panjang lagi  kalo masih mau kita runtut! Bisa-bisa jadi kayak buku Sejarah nantinya.

Jawabanya: karena mereka masih muda! Seumuran kita! Itu aja. Nggak lebih! Kenapa begitu? Soalnya jack, kalo sekadar maen bola dan punya tendangan keras, bukan cuma Whyne Rooney yang bisa, Cristiano Ronaldo (kini 27 taon) konon selain bisa maen bola, punya tendangan keras, skillnya, kita tau, Yahuud! En, kalo urusan nyanyi en nyiptain lagu, Allanis Morrissette udah jauh-jauh hari ditanggap ketimbang Avril LAvigne atawa Lady Gaga. Dan Alam Si Mbah Dukun, jelas menjiplak abis gaya mendiang  Michael Jacson en Wak Haji  Rhoma Irama. Taufik Hidayat? Kao mau dibandingin sama pemain bulutangkis lokal lainnya, yah sorry  aja, he he he…

Jadi intinya, yak karena mudanya  itu, guys. Muda, berprestasi.

Tapi kalo kita mau lebih jeli lagi, tanpa mengecilkan proses en hasil yang telah mereka capai, toh sebenarnya  standar dari prestasi mereka tuh masih sumir alias kagak jelas. Sifatnya masih sementara aja. Tapi sehubungan dengan ‘yang punya’ dunia tuh ya golongan dari mereka-mereka, ya jelas aja kalo mereka tuh dibikin “megahnya” diblow-up sana en sini.

Hingga nggak heran juga kalo apa yang ada di otak kita pun jadinya juga segmented alias di-set ke arah sana. Kita baru bisa dibilang keren kalo bisa maen basket, punya grup band, jadi ketua OSIS, en many more. Tul nggak? Nah, padahal neh sebagai seorang remaja muslim, ada yang dibiarkan bolong begitu gede-en sengaja dibikin buka sebagai ‘aib’ ketika kita nggak tau atau hafal Al-Qur’an.

Ini kejadian beneran, bro. suatu kali REMAJA ISLAMPOS mantengin sebuah grup nasyid di acara sekolah, sang grup nasyid tersebut mo ngebagiin merchandise sama penontonnya  dengan syarat musti bisa ngejawab pertanyan yang bakalan diajukan. Seorang temen dari kelas 2 maju. Namanya nggak usah disebutin. Bikin malu soalnya! (sorry!!!??). Pertanyaannya: apa nama surat terpendek dari Alquran? Enteng kan?

Tapi bentar dulu. Si temen tuh asli celingukan, en bukan berlagak pilon. Sambil bisik-bisik dia malah nanya ke temen-temennya yang ada dibelakangnya. Ketika dijawab hasil dari “contekan”, si vokalis utama ngeejar lagi “coba bacain…!” dan dengan lantang di di soundsystem terdengar “Qulhuwa Allahu ahad” DAS! REMAJA ISLAMPOS bener-bener malu. PA! Payah Amat! Gimana nggak, jack tuh temen asli orang Islam, masa sih segitu ancurnya remaja? Emang sih kalo mau ditelusuri tentunya jadi lebih panjang lagi urusan si temen itu! Kalo emang nggak bisa hafal 30 Juz, ya Juz 30 mah tau lah. Kalo nggak hafal  Juz 30, ya Al Kaustar di luar kepala toh!

Jujur aja, kayaknya emang langka bener sekarang ini remaja-remeja yang mau menjadi penghafal Quran. Penghafal Quran beneran, bukan sekadar jadi qori  yang ngebawain di atas panggung  dengan berbagai lagam en cengkok  dalam perlombaan. Emang jauh deh kalo dibanding dengan jaman beberapa waktu  lalu. Hasan Al-Bana berumur  11 taon udah jadi imam salat Jumat di masjid karena saking udah hafal bener sama Al-Quran. Malah Imam Syafei, kita tau umur 9 taon uadah khattam en hafidz (hafal)  tuh kitab suci. Nah kita? Jujur aja, berapa taon kita sekarang? 15 atau 16 taon? Berapa surat yang udah bisa kita hafal dari Al-Quran?

Brur, tentu kita nggak usah nanya lagi kenapa kita musti hafal Al-Quran. Iyalah, Al-Quran itu sumber segala kehidupan en ilmu. Semua hal dan kejadian ada di sana hingga jangan heran kalo kita jika hafal Quran en tentu aja kita mengamalkannya dalam aktivitas sehari-hari kita, semuanya akan menjdi lebih mudah. Nggak ada yang depresi karena pusing mikirin pacaran. Nggak ada yang naek kelas. Nggak ada yang ketinggalan dalam pelajaran en seterusnya… coba, keren mana jika ente lebih gape dalam Al-Quran ketimbang maen bola kayak Cristiano Ronaldo atawa nyanyi kayak Agnes Monica? Lewat, man!!!

 

NAH, sobat REMAJA ISLAMPOS di jaman kayak gini, emang nggak gampang untuk jadi seorang hafidz . ditambah lagi kita tuh termasuk remaja yang susah inget en gampang lupanya. Bener kan? He he he … sorry , jangan tersinggung! Nah, tentu aja ada cara-caranya. Coba ente simak pengalaman en proses belajar sebagian temen-temen kita yang berhasil dicari ama REMAJA ISLAMPOS dengan susah payah bahkan kayak nyari semut di lubangnya yang dalem!! (ciee, hiperbol amir!)

Bukan apa-apa, REMAJA ISLAMPOS sendirisampai saat ini merasa amazed,ternyata emang masih ada remaja seumuran kita-kita yang mau belajar Al-Quran dengan serius, bukannya part time apalagi spare (rest) time. Moga aja, ternyata tanpa sepengaetahuan banyak orang tanpa musto di blow up  banyak dari kita yang mulai  kembali  ke Al-Quran!!!  Could it be you? [Saad / Indah]

———————————————————

Artikel ini diambil dari kanal khusus untuk remaja. Untuk informasi dan artikel lainnya klik remajaislampos

Redaktur: Saad Saefullah



Peluang