Dunia

Petinggi Militer Iran Berjanji Dukung Suriah Sampai Akhir

Kamis 29 Syawal 1434 / 5 September 2013 20:31

irantroops


IRAN akan mendukung Suriah sampai akhir dalam menghadapi kemungkinan serangan militer pimpinan AS, kata kepala unit pasukan elit Iran Quds seperti dikutip media Kamis hari ini (5/9/2013).

“Tujuan dari Amerika Serikat bukan untuk melindungi hak asasi manusia tapi untuk menghancurkan masa depan perlawanan terhadap Israel,” ujar Komandan pasukan Quds Qassem Soleimani seperti dikutip media.

“Kami akan mendukung Suriah sampai akhir,” ia menambahkan dalam pidatonya kepada Majelis Ahli, sebuah badan yang mengawasi kerja pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Dia tidak merinci sifat dari dukungan Iran terhadap Suriah dan sebelumnya selalu membantah tuduhan Barat bahwa Iran telah mengirimkan pasukan militer untuk menopang rezim Presiden Bashar al-Assad.

Soleimani menuduh AS menggunakan klaim bahwa pasukan Suriah telah melepaskan senjata kimia terhadap warga sipil bulan lalu sebagai dalih untuk menggulingkan rezim Assad.

Setahun yang lalu, kepala Garda Revolusi Iran, Muhammad Ali Jafari, mengatakan bahwa anggota Pasukan Quds beroperasi di Suriah tetapi hanya untuk memberikan nasihat dan saran kepada pemerintah Assad.

Sementara itu Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehqan, mengesampingkan pengiriman pasukan atau senjata ke Suriah.

“Orang-orang Suriah tidak perlu kita bantu mereka dengan senjata karena mereka memiliki sistem pertahanan anti-pesawat sendiri,” media lokal mengatakan.[fq/islampos/afp]

Redaktur: Al Furqon



Peluang