Miracle of Quran

Pembungkusan Tulang Oleh Otot

Rabu 5 Jamadilawal 1433 / 28 Maret 2012 07:17

TAK habis-habisnya Al-Quran mengupas tuntas tentang apa yang diciptakan Allah di dunia ini, dan itu membuktikan bahwasanya Al-Quran merupakan kitab agung yang dimiliki umat Islam hingga saat ini.

Dan penciptaan manusia adalah salah satunya, suatu hal yang begitu menakjubkan. Kali ini Al-Quran membahas tentang bagaimana proses pembentukan daging membungkus tulang manusia.

“Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik” (Al-Mu’minuun:14)

Tahapan-tahapan perkembangan bayi dalam rahim ibu sudah sangat jelas dipaparkan dalam Al-Quran. Sebagaiman diuraikan dalam ayat ke-14 surat Al Mu’minuun, jaringan tulang rawan pada embrio di dalam rahim ibu mulanya mengeras dan menjadi tulang keras. Lalu tulang-tulang ini dibungkus oleh sel-sel otot. Dan Allah menjelaskan perkembangan ini dalam ayat: “…dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging”.

Sisi penting lain tentang informasi yang disebutkan dalam ayat-ayat Al-Quran adalah tahap-tahap pembentukan manusia dalam rahim ibu. Disebutkan dalam ayat tersebut bahwa dalam rahim ibu, mulanya tulang-tulang terbentuk, dan selanjutnya terbentuklah otot yang membungkus tulang-tulang ini.

Sejak lama, banyak orang menyatakan bahwa ayat ini bertentangan dengan penelitian yang menunjukan perkembangan janin dalam rahim ibu oleh pengetahuan modern. Namun, seiring berjalannya waktu, penelitian canggih itu telah mengungkap bahwa pernyataan Al-Quran adalah benar adanya.

Diketahui dalam penelitian, jaringan tulang rawan embrio mulai mengeras. Kemudian sel-sel otot yang terpilih dari jaringan di sekitar tulang-tulang bergabung dan membungkus tulang-tulang itu.

Peristiwa ini digambarkan pula dalam sebuah terbitan ilmiah, yakni:

Pada  minggu ketujuh, rangka mulai tersebar ke seluruh tubuh dan tulang-tulang telah mencapai bentuknya. Dan pada akhir minggu ketujuh sampai minggu kedelapan, otot-otot menempati posisinya mengelilingi bentukan tulang.

Singkatnya, tahap-tahap pembentukan manusia sebagaimana digambarkan dalam Al-Quran, benar-benar sesuai dengan penemuan embriologi modern. Dan Al-Quran telah membuktikan itu sejak 1400 tahun lamanya. [nr/miracleofquran]

Redaktur: Saad Saefullah