Dunia

Mantan Wapres Assad Sebut Suriah Miliki Senjata Nuklir

Kamis 9 Jamadilawal 1434 / 21 Maret 2013 07:42

vp Mantan Wapres Assad Sebut Suriah Miliki Senjata Nuklir


MANTAN wakil presiden Suriah, Abdul Halim Khaddam, mengatakan bahwa rezim Presiden Bashar al-Assad menyimpan pasokan besar senjata kimia sebagai bagaian dari upaya untuk membuat bom nuklir pada era 1970-an.

“Sulit untuk mengetahui lokasi senjata ini, terutama bagi mereka yang berada di luar lingkaran Assad,” kata Khaddam kepada Al Arabiya dalam sebuah wawancara telepon pada hari Rabu kemarin (20/3/2013).

Namun, ia menambahkan bahwa senjata-senjata itu kemungkin disimpan di daerah pegunungan yang ada negara tersebut.

Mantan wapres ini mengatakan bahwa Assad tidak memiliki hubungan dengan rakyatnya dan Assad merasa tidak bertanggung jawab terhadap bangsanya sendiri.

Khaddam kepada Al Arabiya lebih lanjut mengatakan bahwa ada sebuah departemen di militer Suriah yang menangani “perang kimia” dan “produksi senjata.”

Ia juga mengatakan bahwa ada pusat penelitian khusus yang bekerja memproduksi senjata kimia.

“Tidak ada yang menghalangi Bashar al-Assad dari menggunakan senjata kimia, karena ia telah gagal dalam mengalahkan pemberontakan,” ujar Khadam. “Itulah sebabnya Assad menggunakan Senjata Pemusnah Massal, seperti bom cluster dan rudal jarak jauh.”

Mantan wapres Suriah ini juga mengatakan bahwa menjadi tanggung jawab masyarakat internasional jika rezim Assad masih tetap ada dan berkuasa.(fq/islampos/alarabiya)

Redaktur: Al Furqon



Peluang