Dunia

Isu Perkosaan Koptik Terhadap Gadis Muslim, Picu Muslim Mesir Serang Gereja

Sabtu 7 Rabiulawal 1434 / 19 Januari 2013 20:31

pic Isu Perkosaan Koptik Terhadap Gadis Muslim, Picu Muslim Mesir Serang Gereja


POLISI di Mesir pada hari Jumat kemarin (18/1/2013) bentrok dengan kerumunan massa umat Islam yang marah yang mencoba menyerbu sebuah gereja setelah beredar isi bahwa seorang pria Koptik mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap seorang gadis muslim berusia enam tahun, sumber-sumber keamanan mengatakan.

Puluhan Muslim mengamuk di kota selatan Qena, menghancurkan dua toko milik Koptik dan kemudian berbaris menuju ke gereja dalam upaya untuk membakarnya sebelum polisi akhirnya menembakkan gas air mata untuk membubarkan mereka, kata sumber tersebut.

Warga muslim menyatakan bahwa seorang pedagang Koptik telah mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap gadis muslim.

Polisi telah menangkap pedagang itu serta 10 Muslim yang diduga mengambil bagian dalam aksi kerusuhan, termasuk melempari polisi dengan batu.

Koptik, yang membuat antara enam hingga 10 persen dari 83 juta penduduk Mesir, merasamengalami peningkatan serangan sejak pemberontakan rakyat berhasil menggulingkan Hosni Mubarak pada awal tahun 2011.

Awal bulan ini, tentara Mesir yang ditempatkan di Semenanjung Sinai mengklaim berhasil menggagalkan upaya untuk membom sebuah gereja di Rahaf, sebuah kota di perbatasan dengan Jalur Gaza, selama liburan Koptik.

Tidak segera jelas siapa yang berada di balik serangan yang direncanakan tersebut tapi satu sumber keamanan mengatakan pelakunya adalah “Islam radikal” yang pasukan keamanan telah melacak mereka selama berbulan-bulan.(fq/islampos/alarabiya)

Redaktur: Al Furqon



Peluang