Sejarah Islam

Hari Ini, 47 Tahun Sayyid Quthb Dihukum Mati

Kamis 22 Syawal 1434 / 29 Agustus 2013 07:47

sayyid quthb islampos Hari Ini, 47 Tahun Sayyid Quthb Dihukum Mati

HARI ini, 29 Agustus, genap sudah 47 tahun Sayyid Qutb dihukum mati.

Qutb, seorang Mesir yang juga merupakan penulis, pendidik, penyair, intelektual Muslim hebat yang menjadi pemimpin Ikhwanul Muslimin setelah kematian Hassan al- Banna.

Qutb adalah salah satu arsitek dan pemikir utama kebangkitan Islam kontemporer di abad 20. Ia memberi bentuk pada ide-ide dan pandangan dunia dan memotivasi jutaan umat Islam mulai dari Malaysia sampai Michigan. Ia berusaha untuk memperkenalkan kembali kehidupan  Islam dalam kehidupan kaum Muslim. Ia juga mengubah lembaga-lembaga sosial dan politik sehingga berlandaskan prinsip-prinsip Islam .

Karya pertamanya adalah Keadilan Sosial dalam Islam, ditulis pada tahun 1949 .

Qutb menghabiskan hampir setengah tahun di Greeley , Colorado, belajar kurikulum di Colorado State Teachers College—sekarang Universitas Northern Colorado. Ketika di Amerika,  ia melihat langsung kehidupan orang Amerika sehari-hari.

Sepanjang hidupnya, ia sudah menulis sebanyak 24 buku, termasuk novel, kritik, seni sastra , pendidikan, namun ia paling dikenal di dunia Muslim dalam bidang sosial dan politik Islam. Bukunya Ma’ alim fi -Thariq adalah milestone. Qutb menulisnya di atas gagasan tauhid yang kuat.

Karyanya masih terjaga hingga kini, dan secara luas sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa termasuk bahasa-bahasa Barat. Mayoritas teori Quthb dapat ditemukan dalam tafsir Fi Zilal Al-Quran sebanyak 30 jilid. [sa/islampos/world bulletin]

Redaktur: Saad Saefullah



Peluang