Nasional

Hadirkan Mushaf Maqamat, Institut Ilmu Al-Quran Raih Penghargaan MURI

Ahad 7 Syaaban 1434 / 16 Juni 2013 07:34

maqamat Hadirkan Mushaf Maqamat, Institut Ilmu Al Quran Raih Penghargaan MURI
PERKEMBANGAN teknologi telah membuat umat manusia menjadi terbantukan, bahkan untuk mempelajari Al-Quran pun sudah ada teknologi yang bisa memfasilitasinya. Sebut saja pen digital yang bisa membuat kita bisa belajar dan mengkaji berbagai jenis lagu Al-Quran yang telah ada.

Dan bertempat di plaza Bapindo Jakarta beberapa waktu yang lalu, Insitut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta dengan menggandeng PT. Ekatama Cipta Lestari meluncurkan sebuah produk inovatif yakni: “Mushaf Muqammat dengan Talking Pen type 8800. Sebelumnya IIQ telah mendapatkan penghargaan rekor museum rekor Indonesia (MURI) untuk kategori “Pelopor Metode Pembelajaran Al-Quran dengan Sistem Sensor”.

Mushaf Al-Quran digabung dengan pena digital yang bisa membunyikan suara orang mengaji ini, cukup unik dibandingkan produk-produk sejenis. Jika produk yang lain hanya menampilkan suara orang mengaji dengan langgam yang sama serta qori yang sama juga, namum produk yang diluncurkan oleh IIQ ini lebih maju dalam hal fitur.

Produk yang dibuat oleh PT. Ekatama Cipta Lestari ini, bisa membaca per ayat, persurat, bahkan perjuz. Selain itu pena digital berikut mushaf Muqammat ini mampu menyajikan berbagai jenis metode maqammat baik itu Rast, Bayati, Hijaz, Shaba, Sikah, Jiharkah, dan Nawahand.

Kehadiran mushaf Maqamat ini tentunya sangat cocok untuk semua kalangan usia dan level masyarakat yang serius ingin mempelajari bacaan lagu-lagu Al-Quran melalui 7 lagu yang berbeda dengan irama yang indah dan menawan.

Sebagai pengembang teknologi, PT. Ekatama Cipta Lestari merasa sangat gembira dapat menghadirkan sebuah Al-Quran yang dapat dibaca dengan pena digital yang memiliki kemudahan-kemudahan bagi yang ingin belajar membaca Al-Quran.

Kehadiran Mushaf Muqamat ini juga sekaligus meraih penghargaan MURI untuk kategori ‘Metode Pembacaan Al-Quran Muqamat dengan Muqamat terbanyak” di mana penyerahan penghargaan MURI ini dilakukan sendiri oleh Bapak Jaya Suprana kepada Insitut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta.(fq/islampos)

Redaktur: Al Furqon



Peluang