Dunia

Demo Ikhwan Jumat Ini Segera Disambut Aksi Tandingan Kubu Sekuler

Jumat 8 Jamadilakhir 1434 / 19 April 2013 08:52

kel


KELOMPOK Islam terbesar di Mesir, Ikhwanul Muslimin, telah mengumumkan rencana mereka untuk menggelar demonstrasi massal hari Jumat ini (19/4/2013) dengan tema “membersihkan” kehakiman Mesir. Namun kekuatan sekuler tidak mau kalah dan berencana menggelar aksi demo tandingan di Tahrir Square untuk menekan tuntutan lain.

Ikhwan, telah mensosialisasikan tuntutan tripartit mereka untuk aksi demonstrasi yang direncanakan digelar di depan Pengadilan Tinggi Mesir di pusat kota Kairo. Tuntutan mereka termasuk: membersihkan lembaga-lembaga negara dari tokoh korup, pemulihan dana Mesir yang dicuri, dan menuntut pertanggungjawaban dari mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan para demonstran.

“Rakyat Mesir membuat Revolusi besar mereka untuk mencapai keadilan dan akhirnya mengusir para koruptor. Jika pengadilan tidak dapat mewujudkan keadilan, jika hakim terhormat gagal melakukan pembalasan terhadap para penjahat yang membunuh anak-anak kita, menyerang putri kita dan menjarah uang serta sumbar daya alam kita, maka tidak ada keadilan di sini,” kata Murad Ali, penasehat media untuk partai Kebebasan dan Keadilan (FJP) Ikhwan pada hari Rabu lalu.

Beberapa kelompok Islam mengumumkan niat mereka untuk ikut ambil bagian pada demonstrasi Jumat ini. Ini termasuk Front Salafi, Partai Al-Ashalah, Partai Al-Raya, partai Al-Watan, partai bentukan Jamaah Al-Islamiyah dan lain sebagainya.

Namun beberapa kelompok politik sekuler mengumumkan bahwa mereka akan menggelar akis protes tandingan di Tahrir Square yang diarahkan untuk menyuarakan kemarahan mereka terhadap pembebasan tanpa jaminan presiden terguling Hosni Mubarak dalam pembunuhan demonstran selama revolusi, penahanan aktivis politik, serta seruan untuk pemberhentian Jaksa Agung Talaat Abdullah yang ditunjuk Mursi.

Kelompok-kelompok yang akan menggelar aksi protes di Tahrir termasuk Asosiasi Nasional untuk Perubahan, Serikat Pemuda Revolusi, Pemuda untuk Keadilan dan Gerakan Kebebasan serta Partai Komunis Mesir.(fq/islampos/alahram)

Redaktur: Al Furqon