Dunia

Bahaya, AS Akan Legalkan Pembunuhan Oleh Drone

Selasa 13 Muharram 1434 / 27 November 2012 14:41

PEMERINTAHAN Barack Obama dilaporkan tengah mencoba untuk “melegalkan” pembunuhan oleh drone AS. Padahal, serangan drone pembunuh di enam negara muslim ini, telah banyak menarik kecaman global.

Mengutip dari dua pejabat AS yang tidak ingin disebutkan namanya, harian New York Times melaporkan bahwa pemerintah AS telah menyusun buku aturan formal, untuk membenarkan pembunuhan yang ditargetkan oleh drone pembunuh AS di Pakistan, Afghanistan, Yaman, Somalia, Irak dan Libya.

“Aturan eksplisit” akan memberikan pemerintah AS yang baru tentang “standar dan prosedur yang jelas” untuk melanjutkan program pembunuhan.

Laporan itu menambahkan bahwa pemerintah AS telah mempercepat rencana pelegalan ini dalam minggu-minggu sebelum pemilihan presiden pada tanggal 6 November, karena khawatir tidak terpilihnya kembali Obama sebagai presiden AS.

“Pemerintah AS masih membahas untuk membuat aturan formal, mengatasi ketidakpastian internal, dan perbedaan pendapat tentang kapan tepatnya kebijakan ‘mematikan’ ini diterapkan,” tulis New York Times. [sm/islampos/pt]

Redaktur: Sodikin Maulana



Peluang