Seri Yahudi

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Israel?

Kamis 4 Syaaban 1434 / 13 Juni 2013 16:26

 

islampos_bendera_israel

ISRAEL adalah salah satu negara yang sangat kontroversial, didirikan tanggal 14 Mei 1948 oleh David Ben Gurion dengan wilayah hanya 22.000 km2. Negara di Timur Tengah ini dikelilingi Laut Tengah di sebelah barat, Libanon dan Suriah di sebelah utara, Yordania di sebelah timur dan Mesir dan gurun pasir Sinai di selatan. Selain itu dikelilingi dua daerah Otoritas Nasional Palestina yaitu Jalur Gaza, Tepi Barat Sungai Yordan (West-bank), disingkat Tepi Barat. Adapun mata uang yang digunakan adalah Shekel, mata uang resmi yang berlaku juga di teritorial Tepi Barat.

Negara dengan ibukota Yerusalem ini memiliki jumlah penduduk sekitar 7,5 juta jiwa, termasuk beberapa kelompok etnis minoritas lainnya, seperti Palestina, Arab Kristen, Arab Muslim, Druze, Samaria, Falasya, Cina, Jepang. Bahasa resmi yang dipakai adalah Ibrani modern dan Arab. Israel memiliki dua bandara internasional yaitu Ben Gurion di Tel Aviv dan Bandara Ovda di Eilat, selatan Israel. Dengan lagu kebangsaan Israel yang berjudul HATIKWA, berarti “Harapan.”

Banyak negara yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel masih menempatkan perwakilan/kedutaan besar mereka di Tel Aviv yang dinilai sebagai ibu kota yang netral dari negara Israel. Selain itu juga untuk tidak menyinggung negara-negara Arab lainnya yang menuntut Yerusalem sebagai ibu kota wilayah Palestina, dimana ada Masjid Al-Aqsha. Masjid ini berada di samping Kubah Batu atau Kubah Ash-Shakhrah yang terletak di tengah-tengah di dalam tembok kompleks Al-Haram Asy-Syarif atau “tanah suci yang mulia.”

Kubah Ash-Sakhrah atau The Foundation Stone, yang bulat dan atasnya berwarna kuning karena dilapisi emas ini selesai dibangun oleh kalief Abd al-Malik dari Omajjaden, Damaskus 688 – 692, dan merupakan bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia. Kubah dengan gua di bawahnya sebenarnya satu bangunan yang di dalamnya ada satu batu besar dan penting sekali untuk agama-agama Yahudi dan Islam. Dan Rasulullah memiliki sejarah tersendiri dengan masjid Al-Aqsha, karena di tempat inilah Nabi Muhammad berdiri ketika peristiwa Isra dan Mi’raj.

Tempat ini oleh umat Yahudi dan Kristen dikenal dengan sebutan Bait Suci, suatu tempat paling suci dalam agama Yahudi yang umumnya dipercaya merupakan tempat Bait Pertama dan Bait Kedua juga tempat dimana Abraham menyiapkan Ishak, putranya untuk dikurbankan Gen.22: 2, 10-12, 16-18.

Hubungan antara agama Kristen dan Yahudi, sangat baik, karena ajaran kedua agama ini ada sangkut pautnya. Yesus sendiri adalah seorang Yahudi.

Israel adalah satu negara republik demokrasi dengan sistem parlementer demokrasi dimana anggotanya universal dipilih. Presiden hanya mempunyai status simbolis seremonial.

Knesset adalah parlemen Israel. Pemilihan anggota parlemen dijadwalkan secara hukum setiap empat tahun sekali.

Lambang nasional negara Yahudi Israel selama hampir 3000 tahun adalah Menora, lilin yang terdiri dari tujuh biji ranting zaitun dikedua sisinya dan tulisan Israel di tengahnya.

Bangsa Yahudi yang tinggal di Israel dapat digolongkan terdiri dari, Askenazi, mayoritas Yahudi yang berasal dari AS, negara-negara eropa timur, Rusia, Hongaria, Polandia, Ukraina, Sefardi, keturunan yahudi Spanyol, Portugis, Itali, Yunani, Bulgaria, dan yang terakhir Mizardi mayoritas penduduk Israel, kebanyakan keturunan imigran Yahudi dari Marokko, Iran, Irak, Jordania, Yaman, Suriah, Tunisia, Libya, dan negara-negara Arab lainnya.

Dari nama-nama yang dipakai, biasanya dapat diketahui asal mula seorang Yahudi. Nama-nama seperti Cohen, Polak, Levi, Meier, Perez adalah nama-nama yang dipakai oleh orang-orang Yahudi dari Israel kelahiran timur tengah sendiri, sedangkan yang dari Jerman, Hungaria, Austria atau Polandia dan Eropa timur lain banyak memakai nama-nama seperti Stone, Goldschmeding, Liebbermann, Rosenthal, Seagal, Weissmann, Grossmann, Pollack, Rosenbaum, Oppenheimer. Untuk orang-orang Yahudi kelahiran Rusia banyak memakai Moskowitz, Leibovitz, Abramowitz. Kemudian sekitar pertengahan tahun 90an banyak Yahudi kulit hitam yang berasal dari Ethiopia yang masuk ke negara ini. Mereka dinamakan Beta Israël atau Falasya.

Halacha atau Halakha, atau hukum-hukum agama Yahudi, berdasarkan kitab Taurat yang disahkan dalam literature Rabinat memberikan definisi orang Yahudi sebagai berikut:

  1. Seorang anak yang lahir dari ibu Yahudi dan ayah bukan yahudi SELALU dan otomatis Yahudi.
  2. Seorang anak yang lahir dari keluarga dimana kedua orang tuanya ayah dan ibunya Yahudi disebut Yahudi.
  3. Seorang anak yang lahir dari ayah Yahudi dan ibu dari bangsa lain, adalah Yahudi campuran ini termasuk kategori Yahudi liberal.
  4. Seorang yang memeluk agama Yahudi, tanpa dinilai suku, ras asal kelahirannya menurut hukum adalah seorang dan bangsa Yahudi.

ANGKATAN BERSENJATA

Nama resmi tentara pembela Israel adalah IDF (Israel Defence Forces), didirikan sejak 26 mei 1948. Sebelumnya adalah satu organisasi para militer Hagana yang bertujuan untuk melindungi orang-orang Yahudi di tanah Palestina dan pendatang Yahudi dari Eropa sesudah PD II dari serangan-serangan penduduk Arab di Palestina.

Angkatan bersenjata Israel terdiri dari angkatan darat, laut dan udara. Pangkat Jendral di Israel juga tidak banyak, karena ini adalah satu pangkat penghaargaan yang tinggi sekali dan diberikan kepada anggota militer yang benar-benar telah berjasa besar.

Disamping itu Israel mengenal korps para-militer khusus penjaga perbatasan dan dikenal sebagai Misjmar HaGvoel, The Israel Border Police. Anggota polisi elite kontra terorisme ini dinamakan Magavnikim. Di Nederland juga korps polisi elit seperti ini yang dikenal sebagai Koninklijke Marechaussee, biasanya terlihat di lapangan terbang dengan seragam biru tua.

Magavnikim ini dilengkapi dengan senjata mesin otomatis termodern M4A1, UZI (yang dipakai oleh angkatan bersenjata 90 negara di dunia ini), dan dikerahkan pada saat ada kerusuhan di Israel dan teritorial Palestina. Mereka dikenal sangat keras dalam mengambil tindakan, dan bilamana perlu diperkenankan menembak mati pengacau tanpa kompromi.

bersambung.

[hf/islampos/penggemarsejarah]

Redaktur: Hanifah Qomariah