Tahukah Anda

Apa Itu Gerhana Bulan?

Jumat 15 Jamadilakhir 1434 / 26 April 2013 03:52

gerhana bulan1

SEKIRA pukul 03.20 WIB, hari ini, tengah terjadi salah satu kebesaran Allah SWT di alam ini: gerhana bulan. Apa itu gerhana bulan?

Gerhana bulan adalah sebuah fenomena alam dimana antara bumi, matahari, dan bulan berada dalam satu garis lurus, atau lebih tepatnya bumi berada di antara bulan dan matahari dalam satu garis lurus.

Mengapa bulan seolah menghilang ketika terjadi gerhana?

Bulan pada dasarnya adalah sebuah benda langit yang mengorbit mengelilingi bumi yang disebut satelit. benda langit selain bintang tidak bisa memancarkan cahaya sendiri melainkan hanya memantulkan cahaya saja, begitu dengan bulan.

Bulan hanya memantulkan cahaya dari matahari, dan ketika terjadi berhana, Bulan-bumi-dan matahari berada dalam satu garis lurus, itu artinya cahaya matahari yang menuju bulan terhalang oleh bumi, dan bayangan bumi (umbra) menutup permukaan bulan. Sehingga bulan akan terlihat gelap dan pada berhana total, bulan terlihat menghilang.

Apakah ada dampak dari fenomena gerhana bulan?

Dalam konteks realitanya gerhana bulan merupakan fenomena alam yang lumrah dan sering terjadi (2-4 kali dalam setahun). Pada ketika ini, bulan tidak bisa memantulkan cahaya dari matahari karna terhalang oleh bumi.

Sedangkan pengaruh yang ditimbulkan dari Gerhana Bulan. “BMKG” menyebutkan tidak ada dampak khusus akibat fenomena ini, hanya saja kemungkinan besar air laut dan gelombang pasang akan sedikit mengalami peninggian, tetapi masih dalam batas normal. [pernak pernik]

Redaktur: Saad Saefullah